Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar, Wendri Aswil Gantikan Asrul Jusan di Sisa Masa Jabatan 2019 – 2024

– Ketua Rony Mulyadi mengambil sumpah dan janji anggota DPRD Pengganti Antar Waktu () Wendri Aswil menggantikan Asrul Jusan, di Ruang Rapat DPRD setempat, Rabu (8/2/2023).

Acara tersebut dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Anton Yondra dan Saidani beserta anggota DPRD Tanah Datar dan disaksikan Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian, Forkompimda, Kepala OPD, KPU, Bawaslu, pimpinan parpol, Camat dan Wali Nagari se-Tanah Datar.

Wendri Aswil yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-14-2023 tanggal 20 Januari 2023 ditetapkan sebagai anggota DPRD Tanah Datar Pengganti Antar Waktu sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Asrul Jusan.

Rony mengatakan berdasarkan surat yang disampaikan PDI Perjuangan pada 21 November 2022 perihal usulan PAW periode 2019-2024 atas nama Wendri Aswil menggantikan Asrul Jusan, Badan Musyawarah DPRD Tanah Datar menetapkan pelaksanaan peresmian dan pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD PAW, Wendri Aswil dalam Sidang Paripurna.

Proses pengganti antar waktu kepada Wendri Aswil diawali dari pengunduran diri Asrul Jusan sebagai anggota DPRD Tanah Datar, selanjutnya pengusulan Pengganti Antar Waktu dari Partai PDI Perjuangan dan surat dari KPU Tanah Datar tentang pengganti Asrul Jusan yang diteruskan oleh surat DPRD Tanah Datar beserta Pemerintah Tanah Datar kepada Gubernur untuk ditetapkan sebagai anggota DPRD Tanah Datar pengganti antar waktu.

“Proses tersebut dapat dijalani menurut peraturan yang berlaku sehingga Wendri Aswil dari PDI Perjuangan Tanah Datar telah ditetapkan sebagai anggota DPRD Tanah Datar Pengganti Antar Waktu sisa masa jabatan 2019-2024,” tutur Roni.


Ketua DPRD juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Asrul Jusan beserta keluarga yang selama ini telah menyumbangkan pemikiran, tenaga dan segala daya untuk kemajuan Kabupaten Tanah Datar selama tiga tahun sebagai anggota DPRD Tanah Datar.

Kepada Wendri Aswil, diucapkan selamat datang di lembaga dewan yang terhormat ini dengan harapan keberadaannya akan membawa angin segar dan warna baru dalam pelaksanaan tugas-tugas kedewanan.

Semoga Amanah

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan selamat atas pelantikan Wendri Aswil yang telah diamanahkan menjadi wakil rakyat.

“Selamat mengemban tugas, semoga menjadi wakil rakyat yang amanah untuk Dapil I (Kecamatan Tanjung Emas, Padang Ganting, Lintau Buo dan Lintau Buo Utara) yang diwakili secara khusus dan umumnya masyarakat Tanah Datar,” tutur Eka.

Kepada Asrul Jusan, Bupati juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan dedikasinya selama ini dan diharapkan untuk memberikan masukan dan sumbangsih untuk kemajuan Tanah Datar ke depannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka menyampaikan ke depan akan dilaksanakan Pemilu Serentak 2024 maka diimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi tersebut dengan kebersamaan. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *