Ribuan Warga Tanah Datar Shalat Idul Adha di Lapangan Cindua Mato Batusangkar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Ribuan warga Kabupaten melakukan Shalat Idul Adha 1445 Hijriahdi Batusangkar, Senin (17/6/2024).
Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini dilaksanakan melalui dua peristiwa penting dan merupakan momentum melukiskan keagungan serta kebesaran Islam yang menunjukan kesabaran dan semangat kesatuan kaum muslim.
Bupati mengatakan perayaan Idul Adha meski Tanah Datar dalam suasana berduka pasca bencana banjir bandang beberapa waktu lalu, semua tetap kuat dan bangkit.
“Meski Kita dalam keadaan berduka, dengan semangat kebersamaan dan persatuan, cobaan ini bisa dilalui dengan tetap kuat dan bangkit,” ucap Eka.
Bupati mengatakan banyak hikmah yang bisa diambil melalui momentum lebaran haji atau hari raya kurban tahun ini diantaranya dua momentum. Pertama sebagian saudara Kita sedang berkumpul di Kota Makkah Al Mukkarramah menunaikan ibadah haji, tanpa membedakan yang kaya dengan yang miskin dengan menghilangkan perbedaan sesama umat muslim.
Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, atas musibah yang menimpa beberapa nagari di Tanah Datar, ia menyampaikan duka yang mendalam kepada korban.
“Selamat perayaan Idul Adha 1445 Hijriah dan juga terima kasih kepada seluruh sanak saudara yang telah membantu meringankan beban korban bencana banjir bandang,” tutur Rony.
Sementara itu, Ketua PHBI Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana mengatakan pada penetapan Idul Adha tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah di Tanah Datar.
“Pada perayaan Idul Adha tahun ini PHBI Tanah Datar melaksanakan sholat id di lapangan Cindua Mato dan juga serentak dilaksanakan di seluruh Tanah Datar,” ucap Iqbal. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *