RSOMH Bukittinggi Gelar Berbagai Acara pada Hari Stroke se Dunia

BUKITTINGGI – Dalam rangka Hari Stroke Sedunia ( Hari Stroke Sedunia ) yang diperingati setiap tanggal 29 Oktober. Rumah Sakit Otak Dokter Mohammad Hatta (RSOMH) Bukittinggi mengadakan berbagai acara.

Acara puncak gelaran tersebut dilaksanakan di lapangan Wirabraja 0304/Agam Bukittinggi, pada, Sabtu (28/10/2023), Direktur RSOMH Bukittinggi Dr.dr. Yusirwan,. Menyesap. B., menyesap. BA(K).,MARS mengucapkan, terima kasih kepada panitia yang telah sukses menyelenggarakan rangkaian acara ini.

Kedepannya ia berharap acara perayaan ini lebih meriah lagi, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tentu hal tersebut diharapkan menghasilkan kolaborasi yang baik antara panitia dan pihak lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana yang juga Dokter Spesialis Syaraf, Ayuna mengatakan acara ini memang rutin digelar setiap tahunnya dan untuk tahun ini temanya “Bersama Kita Lebih Hebat Dari Stroke”.

Sejak hari Selasa 24 Oktober sudah mulai dilakukan kegiatan seperti Ngobrol Asik bersama pakar (Ngobras) bersama narasumber Dr.Spesialis seperti, Dr. Gizi, Dr. Rehabilitasi medik dan Dr. Penyakit Dalam,” dia menjelaskan.

Kemudian, dilanjutkan Sesi Ilmiah pada Kamis 26 Oktober, penjelasan kepada rekan yang berjarak kurang dari empat jam dari puskesmas RSOMH nya kita undang, agar ketika menemui pasien dengan gejala stroke dapat segera membawa ke RSOMH agar cepat mendapatkan pertolongan.

“Hari ini adalah puncak dari acara kita tetapi hari ini kita bersama club stroke yang mana mereka adalah pasien yang pernah dirawat di RSOMH, mereka sengaja kami undang untuk memberikan semangat dan memotivasi anak-anak muda untuk lebih menjaga pola hidup sehat dan untuk kita semua harus bisa mengenali tanda/gejala awal penyakit stroke ini sendiri,” ujarnya.

Pada puncak perayaan tersebut Walikota Bukittinggi Erman Safar melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Isra Yonza, SH.MH., menyampaikan, masyarakat Bukittinggi adalah masyarakat Indonesia yang mana untuk mendukung kesehatan kita bersama pemerintah akan selalu ada.

“Jadi maka dari itu jika ada yang sakit jangan takut segeralah periksakan diri ke rumah sakit,” kata dia.

Untuk diketahui Hari Stroke Sedunia ( Hari Stroke Sedunia ) diperingati setiap tanggal 29 Oktober, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap terjadinya Stroke.

Tema Hari Stroke Sedunia tahun 2023 adalah “Bersama Kita Lebih Hebat Dari Stroke” dalam artian
“Bersama-sama Kita Lebih Hebat Dari Pukulan” hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tanda-tanda awal stroke dan keuntungan bertindak cepat setelah seseorang terkena serangan stroke.

Tanda-Tanda Awal Sebelum Terjadi Stroke Stroke dapat diantisipasi jika tanda atau gejala awalnya sudah diketahui.

Dalam memperingati Hari Stroke Sedunia, Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan kepatuhan dan kedisiplinan pada penerapan protokol kesehatan serta menghimbau kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya Stroke adalah melakukan yang dikenal dengan istilah  CERDIK , yaitu :

Periksa Kesehatan secara berkala.
E nyahkan Asap Rokok.
R ajin Aktivitas Fisik.
Diet seimbang.
Saya aduk yang cukup.
K elola Stres dengan baik.

(alex)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *