Satpol PP Tanah Datar Turunkan Reklame Tak Bayar Pajak

– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tanah Datar bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tanah Datar menertibkan atau menurunkan reklame yang tidak membayar pajak.
Operasional penertiban selama dua hari, 12-13 Desember 2023 di sejumlah Kecamatan se-Tanah Datar ini dipimpin oleh Kabid Penegakan Perda dan Pembina PPNS, Elfiardi, SH dan Kabid Penagihan dan Pengendalian Bapenda, Hendra Mulyawerman, SH.
Hendra menyampaikan kalau langkah penertiban diambil setelah pihaknya melakukan sejumlah upaya administratif kepada obyek pajak, seperti memberi surat peringatan sesuai SOP.
“Namun langkah ini tidak diindahkan para pelanggar hingga batas waktu yang ditentukan, maka sesuai regulasi Perda Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah yang telah berapa kali diubah, tindakan penertibanpun dilaksanakan,” tutur Hendra.

Tim penertiban yang terdiri dari personil Satpol PP dan Bapenda ini menyasar pelanggar pajak reklame dari Kota Batusangkar hingga perbatasan Tanah Datar – Kabupaten Padang Pariaman di Air Mancur.
“Dengan adanya kegiatan penertiban ini diharapkan ke depannya para pelaku usaha mematuhi Peraturan Daerah dalam melaksanakan aktifitasnya,” tutur Hendra.
Sementara itu, Kabid Penegakan Perda dan Pembinaan PPNS, Elfiardi mengungkapkan, pihaknya siap untuk mendukung upaya penegakan Perda pada setiap OPD, baik secara Non Yustisi maupun melalui proses beracara di Pengadilan Negeri atau Yustisi. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *