Tanah Datar Dilanda Banjir, Bupati Imbau Hal Ini

TANAHDATAR, Bacalahnews – Bupati Eka Putra mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi bencana banjir karena saat ini beberapa sungai debit airnya naik akibat hujan yang terus-menerus di sejumlah daerah di Tanah Datar.
“Saya imbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan disaat musim hujan khususnya bagi warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai,” kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar, Senin (8/4/2024).
Selain bencana banjir, Bupati juga mengingatkan masyarakat dengan tanah longsor. Hujan dalam waktu yang lama membuat kontur tanah menjadi labil.
Kepada para camat dan wali nagari diminta proaktif dalam menyebarluaskan informasi prakiraan curah hujan dan potensi kejadian bencana di wilayah masing-masing.
Jika terjadi bencana segera lakukan koordinasi ke pihak terkait untuk penanganan dan penanggulangan bencana.
Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Datar Zul Doni Putra mengatakan informasi sementara sejumlah nagari terdampak bencana banjir akibat luapan sungai.
Diantaranya Nagari Panyalaian dan Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, Nagari Tanjuang Sungayang, Kecamatan Sungayang, Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru, dan lainnya.
“Saat ini kita sedang merangkul seluruh info dari masyarakat dan kita pastikan info tersebut terpercaya terlebih dahulu,” kata Doni.
Di imbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat tingginya curah hujan di Tanah Datar. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *