TK Islam Jihad Outing Class ke Serambi Milk

PADANG PANJANG — TK Islam Jihad melaksanakan pembelajaran luar kelas (Outing Class) ke peternakan sapi perah Serambi Milk, yang berada di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT).

“Lewat kegiatan pada Kamis (12/1/2023) kemarin tersebut, anak-anak dibawa ke sebuah pengalaman, mengetahui hewan ternak yang bisa memberikan manfaat terhadap kehidupan manusia,” ujar Kepala TK Islam Jihad, Yeni Fitri Yenti, S.Pd kepada Kominfo, Jumat (13/1/2023).

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dengan kegiatan ini. Anak mampu berinteraksi secara langsung dengan hewan ternak yang cenderung jinak,” tambahnya.

Yeni menyampaikan, ada sejumlah pengalaman pada outing class hari itu. Mengunjungi peternakan ini, menurutnya dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak, menggunakan semua media guna menunjang proses belajarnya.

“Semakin mereka melihat, membau, menyentuh dan merasakan dapat menstimulus pengetahuan dan rasa ingin tahu anak sehingga anak akan mengajukan beberapa pertanyaan dan mendapat jawaban yang sejelas-jelasnya,” sebutnya.

Dikatakannya, keseruan dirasakan oleh anak-anak. Jika biasanya anak melihat binatang ternak melalui gambar dan alat elektronik lainnya, kini mereka dapat melihat sekaligus memegang secara langsung. Selain itu, anak dapat bermain dengan binatang ternak yang sudah jinak.

Selain menyentuh dan bermain dengan binatang ternak, lanjutnya, anak juga dapat memberikan pakan pada ternak melalui pengawasan.Kemudian, anak-anak menikmati hasil peternak sapi perah.

“Anak dapat menikmati susu segar dari binatang sapi yang baru saja menghasilkan susu. Anak juga dapat menikmati berbagai macam makanan dari hasil olahan hewan ternak,” tuturnya. (rls/pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *