Warga Andaleh Baruh Bukit Sungayang Goro Bersihkan Tanah Longsor

TANAHDATAR, Bacalahnews – Hujan deras yang terjadi di Nagari Andaleh Baruh Bukit, Kecamatan Sungayang, Minggu (7/4/2024) sore menyebabkan longsor.
Ruas jalan yang menjadi penghubung Kota Batusangkar menuju Kecamatan Lintau Buo Utara Tepatnya di Kelok Aie sempat terputus, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat.
Setelah mendapatkan informasi dari Wali Nagari Andaleh Baruh Bukit Afrizal, Bupati Eka Putra langsung meninjau titik longsor tersebut.
“Setelah mendapat informasi langsung hubungi BPBD agar segera mengirim Satgas, berkat kesigapan petugas dan masyarakat, jalur ini sudah bisa dilewati kembali meski masih bergantian,” ucap Eka.
Bupati menyampaikan apresiasi atas semangat masyarakat yang segera bergotong royong membersihkan material longsor yang memenuhi badan jalan.
“Terima kasih kepada masyarakat dan Satgas BPBD yang bergerak cepat membersihkan material longsor, semoga dinilai ibadah oleh Allah SWT,” tutur Eka.
Melihat kondisi cuaca ekstrem beberapa hari terakhir, Bupati juga mengingatkan Camat bersama Wali Nagari, Wali Jorong dan masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan.
“Hujan lebat beberapa hari ini memicu berbagai musibah, seperti banjir bandang dan tanah longsor, karena itu mengimbau masyarakat yang berada di sekitar lokasi rawan untuk meningkatkan kewaspadaan,” harap Eka. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *