Warga RT 01 RW 03 Kel Tarok Dipo Deklarasikan H. Chairunnas Sebagai Wakil Mereka di DPRD Bukittinggi 2024 Mendatang

BUKITTINGGI – Sejumlah masyarakat di RT 01 RW 03 Kelurahan Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi tak mau berpikir panjang dengan mendeklarasikan H. Chairunnas sebagai wakil mereka nanti di DPRD Kota Bukittinggi 2024 mendatang.

Bukan tanpa alasan, pernyataan sikap tersebut di ucapan warga setelah berdiskusi dengan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi H. Chairunnas saat hadir di acara syukuran salah satu rumah warga setempat, Kamis (7/9/2023) malam.

H. Chairunnas menjelaskan, PMI merupakan organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang kemanusiaan sosial dengan fokus utama untuk bertugas dalam memberikan bantuan dan layanan pada masyarakat bencana, korban konflik, krisis kesehatan, mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hukum humaniter internasional. Selain itu, PMI juga memiliki unit donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat.

Melihat tugas-tugas PMI yang sangat erat dengan masyarakat tersebut, dalam beberapa waktu ke depan wargapun akan ikut aktif dalam menyusun, melaksanakan, hingga menyebarkan program kemanusiaan yang akan dijalankan. Diharapkan agar kegiatan-kegiatan dapat berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat serta pengetahuan kepada masyarakat luas.

“Banyak orang yang takut gagal, sehingga mereka akhirnya tidak bertindak. Padahal tidak bertindak merupakan suatu kegagalan yang jelas telah terjadi. Bertindak merupakan kunci yang dasar untuk seluruh kesuksesan yang ingin kita raih,” kata Tuanku Mukua salah seorang tokoh agama di daerah tersebut.

H. Chairunnas mengatakan PMI siap membantu masyarakat. Jika suatu kesamaan dapat diperoleh, PMI mungkin lebih luas wilayah kekuasaannya dari pemerintah daerah. Walikota Bukittinggi dengan masyarakatnya 120 ribu, mungkin jangkauan PMI lebih luas, yang mana kita bisa membantu kabupaten/kota lainnya.

“Sejak tahun 2019 kita telah mengadakan ambulans jenazah gratis, tetapi belum semua masyarakat yang memakai. Sedangkan keluarga yang sakit dibawa ke rumah sakit, bisa telpon PMI,” katanya.

Tegas H. Chairunnas mengatakan. Kenapa saya ambil jabatan sebagai ketua PMI? Karena saat itu saya mengetahui, bahwa pengurus tidak menerima kehormatan/gaji. Artinya Nawaitu nya murni membantu masyarakat.

*Program Pemko Bukittinggi*

Sebelumnya Walikota Bukittinggi Erman Safar telah memberikan bantuan tambahan melalui Tabungan Utsman dan telah diakui oleh pemerintah pusat, uang komite bagi pelajar SMA SMK sederajat di Kota Bukittinggi gratis, BPJS bagi warga ber KK/KTP Bukittinggi digratiskan dan diberikan oleh pemko.

“Organisasi kesejahteraan PMI sejatinya tak bisa terlepas dari masyarakat, PMI siap 24 jam untuk masyarakat. Secara pribadi tahun 2016 saya wakaf kan diri untuk membantu masyarakat, tahun 2021 terpilih kembali menjadi ketua PMI Bukittinggi lagi.

Kenapa Masuk Partai?

H. Chairunnas: Semua yang dilakukan oleh PMI itu sama dengan program partai Gerindra Bukittinggi khususnya, seperti Walikota Bukittinggi Erman Safar ia peduli dengan sosial, perekonomian dan pendidikan.

Walikota Erman Safar dalam melaksanakan program-program nya disetujui oleh DPRD

“Makanya saya tertarik untuk masuk partai Gerindra, agar bisa lebih banyak lagi berbuat untuk program kemasyarakatan,” ujar H. Chairunnas.

*Walikota adalah pelindung PMI melekat* Itu aturan..!!

Erman Safar: Kita sama-sama mengurus rakyat. Bantu saya di Gerindra..!!

H. Chairunnas : Siap pak Wali..!!

Untuk diketahui Walikota Bukittinggi Erman Safar, SH yang juga selaku Ketua DPC partai Gerindra Kota Bukittinggi menyetujui dan mengamanatkan H. Chairunnas untuk ikut pileg 2024 mendatang, Karen H. Chairunnas selama ini secara sukarela membantu masyarakat.

“Kalau memang ada ini diamanatkan oleh masyarakat, saya hanya ingin kerja untuk masyarakat. PMI lebih penting, kenapa ini ditarik.? Karena ini urusannya sama, yakni pemerintah dan PMI sama-sama bantu rakyat,” sebut H. Chairunnas.

Terakhir H. Chairunnas menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan fungsi PMI dan ia siap untuk menjembatani keluhan masyarakat. (alex)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *