Wartawan dan Diskominfo Bukittinggi Study Best Practice ke Medan

MEDAN — Rombongan wartawan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Kominfo Kota Bukittinggi melakukan Study Best Practice (SBP) ke Kota Medan dari 29 November – 3 Desember 2022.

Rombongan berangkat pada Selasa pagi (29/11/2022), setelah sampai di Kota Medan di Rabu (30/11/2202) siang, rombongan menginap di salah satu hotel yang berada di pusat kota terbesar di Sumatera ini.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam SBP. Pada Kamis (1/12/2022), rombongan yang dipimpin langsung Kadis Kominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar, melakukan kunjungan ke Diskominfo Kota Medan. Acara dilakukan di Aula Diskominfo Kota Medan.

Pada acara, Kadis Kominfo Erwin Umar didampingi Kabid IKP, Ramon dan Kasi di Kominfo Riri. Sedangkan dari tuan rumah dihadiri Kadis Kominfo Kota Medan Arrahman Pane, Kabid dan Kasi Diskominfo Kota Medan serta Ketua PWI Provinsi Sumatra Utara Ferianda Sinik, serta undangan.

Kadis Kominfo Kota Medan Arrahman Pane mengatakan, Diskominfo Medan punya anggaran sebesar Rp10 miliar untuk kerjasama dengan media yang ada di Kota Medan.

“Tentu hal ini sesuai dengan kompleksitas dan kebutuhan kami di Kota Medan, dan hal ini tentu akan berbeda dengan Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ferianda Sinik menyebutkan, PWI di Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan serta kota lainnya, dengan dana yang ada di Diskominfo lebih memprioritaskan agar wartawan yang ada di Provinsi Sumatera Utara bisa mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Itu agar wartawan yang kerjasama dengan Diskominfo Sumatera Utara ke depannya sudah lulus UKW, itu target kami,” ucapannya.

“Mengurus PWI merupakan suatu kebanggaan. Baru pertama kali PWI Sumut dipimpin orang Sumatra Barat, karena berasal dari Pariaman,” tambahnya.

“Hampir seluruh pemerintah daerah di Sumut mengadakan UKW. Alhasil, PWI Sumut meraih juara 2 pelaksanaan UKW terbanyak di Indonesia tahun 2022 ini,” paparnya.

“Sementara itu, PWI Sumut mendukung penyelesaian secara baik terkait masalah kepengurusan PWI Sumbar,” ungkapnya.

“Stelah 30 tahun Sumut tidak menjadi tuan rumah HPN, tahun depan, Sumut akan gelar HPN pada 6- 9 Februari 2023.
Kami undang bapak dan ibu untuk ikut hadiri HPN. Terima kasih telah hadir di Kota Medan,” ungkapnya.

Pada kesempatannya, Kadis Kominfo Bukittinggi Erwin Umar menyebutkan, tujuan membawa rekan-rekan wartawan ke Kota Medan agar bisa belajar dan sharing ilmu dengan Kominfo Kota Medan dan PWI Sumut.

“Kunjungan ini sehingga kami bisa melengkapi pont-point kerjasama yang masih bisa kami sempurnakan, dan kawan-kawan wartawan bisa lebih semangat lagi dalam memberitakan pembangunan di Kota Bukittinggi,” sebut Erwin.

Ketua PWI Kota Bukittinggi Anasrul mengatakan, dalam 3 tahun terkahir ini, sudah 3 kota dikunjungi.

“Kali yang ke 3 ini, Kota Medan yang kami kunjungi. Kami berharap dari Kota Medan ini, ada point-point penting yang bisa kami bawa pulang ke Kota Bukittinggi, yang berhubungan dengan kewartawanan dan tentang hubungan kerjasama antara Diskominfo dan wartawan, untuk kami sempurnakan pada saat kami pulang nanti,” katanya.

Selanjutnya acara di akhiri penyerahan plakat dari PWI Kota Bukittinggi ke Diskominfo Medan dan PWI setempat. (yoz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *