Pemkab Tanah Datar Salurkan Dana Hibah Rp10,3 Miliar

TANAHDATAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyalurkan bantuan dana hibah kepada 204 masjid, surau, atau mushala yang ada di Tanah Datar sebesar Rp10,3 miliar di Indojolito Batusangkar, Kamis (3/8/2023).
Besaran dana hibah yang diterima bervariasi, berkisar antara Rp20 juta hingga Rp100 juta tergantung dengan kebutuhan masing-masing.
“Bantuan hibah ini sebagai bentuk kepedulian dalam pembangunan bidang keagamaan, agar terwujud masyarakat yang Madani,” ucap Bupati Eka Putra.
Ia mengharapkan keberadaan rumah ibadah jangan hanya terlihat megah dari luarnya saja, namun harus dibarengi dengan kegiatan religius, seperti shalat berjamaah, pendidikan mengaji bagi anak-anak.
“Pada zaman Rasulullah SAW, masjid tidak hanya sebagai tempat shalat semata, namun dijadikan juga sebagai sarana melakukan pemberdayaan umat, seperti tempat pembinaan dan penyebaran dakwah Islam, sebagai tempat untuk konsultasi dan komunikasi masalah ekonomi, sosial dan budaya,” ujar Eka.
Untuk itu, kata Bupati, melalui program satu rumah satu hafiz diharapkan dukungan dari semua pihak, karena akan membentuk jiwa generasi yang berakhlak, beriman, tangguh dan taat kepada Allah SWT serta salah satu cara yang akan menjadi cikal bakal lahirnya para ulama dan khatib.
Sementara itu, salah seorang perwakilan dari pengurus masjid, Afrizal menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan perhatian Pemkab di bidang keagamaan salah satunya pembangunan tempat ibadah. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *