Wagub Sumbar Temu Ramah dengan Warga Nagari Barulak Tanah Datar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten dan Temu Ramah dengan warga Nagari Barulak di Aula Kantor Wali Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru, Kamis (2/5/2024).
Kunjungan Wagub beserta rombongan disambut langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama anggota DPRD Tanah Datar Zulli Rustam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nofi Hendri, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Alfian Fikri, Kepala BPBD Ermon Reflin, Camat Tanjung Baru Riki Afrizaldi dan forkopimca, Wali Nagari beserta undangan lainnya.
Wali Nagari Barulak Azisman Dt. Sati Nan Panjang menyampaikan ucapan terima kasih atan kunjungannya rombongan untuk bertemu ramah dengan masyarakat Nagari Barulak.
Ia menyebut beberapa potensi yang ada di Nagari Barulak yaitu di bidang pertanian, perkebunan dan juga bidang pariwisata.
Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan kunjungan untuk menjemput aspirasi masyarakat, terutama terkait bencana dan perbaikan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar khususnya di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru.
Bupati menyampaikan, kehadiran Wagub juga merupakan tindak lanjut kunjungan Gubernur pada 9 April 2024, terkait perbaikan jalan dan bencana longsor yang mengakibatkan jembatan putus dan beberapa irigasi rusak di Nagari Barulak.
“Ini bukti nyata hubungan baik antara Pemkab Tanah Datar dengan Pemprov, ini juga wujud perhatian khusus yang diberikan Pemprov kepada Kabupaten Tanah Datar demi kesejahteraan masyarakat,” ucap Eka.
Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk membebaskan tanah yang ada di kiri kanan jalan mulai dari batas Piladang sampai Simpang Baso Tanjung Alam sekitar 1,5 Km.
“Jalan ini sekarang memang kondisinya sedang rusak parah, tapi pada 2024 ini akan dilakukan pengaspalan kembali,” ucap Eka.
Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyampaikan terkait bencana yang terjadi bukan cuma Nagari Barulak yang terkena dampaknya, akan tetapi ratusan nagari di Sumatera Barat.
Namun, tambahnya, dengan keterbatasan anggaran tentu belum semua dampak kerusakan bisa dibangun kembali, tentunya secara bertahap, namun skala priotitas salah satunya perbaikan irigasi yang akan berdampak terhadap pangan di masyarakat.
Selain itu, Wakil Gubernur Audy juga mengatakan bahwa Tanah Datar merupakan produsen penghasil beras nomor satu di Sumatera Barat di atas Kabupaten Solok, jadi memang banyak peluang ditumpangkan di Tanah Datar.
Terkait dengan jalan yang viral, Wagub Audy menanggapi bahwa Pemerintah Provinsi dan Kabupaten tidak tinggal diam.
“Pada tahun 2024 ini melalui APBD Provinsi sebesar Rp137 miliar, dan ini cukup besar dibandingkan kabupaten kota lainnya,” ucap Audy.
Pada kesempatan tersebut, Wagub Audy juga menyerahkan secara simbolis bibit jeruk, pokat, jengkol, durian dan bibit ikan kepada masyarakat dan Pemerintah Nagari. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *