Wako Fadly Amran Terima Anugerah Ayah GenRe Kolaboratif

PADANG — Kepedulian Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano terhadap program Generasi Berencana (GenRe), membawa dirinya meraih gelar Ayah GenRe Kolaboratif dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat.

Gelar Ayah GenRe Kolaboratif yang hanya diberikan kepada dua kepala daerah yang ada di Sumatera Barat ini, diserahkan Bunda GenRe Sumbar Harneli Bahar Mahyeldi pada acara malam Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreatifitas (Adujak) Sumatera Barat 2023 yang digelar di Hotel Truntum, Padang, Sabtu (29/7/2023) malam.

Program GenRe bertujuan mendorong para remaja berperilaku sehat, menghindari sex bebas, HIV/AIDS, mendewasakan usia pernikahan dan mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga.

Fadly menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya. Ia pun berkomitmen akan terus melakukan pembinaan, terutama terhadap para generasi muda.

“Kami berharap melalui program GenRe akan terbentuk generasi muda Kota Padang Panjang yang religius dan berprestasi. Kami juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindarkan generasi muda dari bahaya narkoba laten, pernikahan di bawah umur dan perilaku seks yang menyimpang,” ujar Fadly.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan adanya kegiatan GenRe Award yang dilaksanakan BKKBN Sumbar, maka Pemerintah Kota Padang Panjang juga harus mendukung menyiapkan generasi muda menyongsong Indonesia Emas 2045.

Dikatakannya, Pemko akan menyiapkan generasi muda yang berakhlak, sehat, produktif dan berkualitas, salah satunya melalui program Smart Surau yang saat ini sedang digencarkan di masjid-masjid yang ada di Padang Panjang.

“Padang Panjang Kota Serambi Mekkah, untuk itu remaja dan anak-anak juga akan kita berikan pelajaran tentang agama dan adat. Sehingga generasi muda kita nanti merupakan generasi yang religius, santun dan tahu dengan adat istiadat,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Fadly juga berpesan kepada seluruh generasi muda agar tetap waspada supaya tidak mudah terpengaruh oleh godaan-godaan yang negatif. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih saat ini.

“Pada zaman digital sekarang, anak-anak sangat mudah untuk mengakses situs-situs yang ada di YouTube maupun media sosial lainnya. Harapan saya perkuat iman, rajin-rajinlah mengaji dan belajar sehingga generasi muda kita akan semakin kokoh dan kuat,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengatakan, dukungan wali kota dilakukan dengan memfasilitasi program GenRe seperti mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/ Mahasiswa (PIK R/M), meningkatkan kerja sama dengan stakeholder dan mitra kerja untuk memberikan penyuluhan tentang program GenRe

“Hingga saat ini telah banyak prestasi remaja Kota Padang Panjang yang berhasil ditorehkan atas dorongan Wali Kota Fadly Amran,” ungkap Osman.

Saat kegiatan malam Apresiasi Duta GenRe tersebut, juga diserahkan beasiswa untuk GenRe berprestasi yang diserahkan Wako Fadly kepada Andamfa Rizami. (rls/pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *